Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Muhammadiyah Cipetir tentang Kekayaan Alam Lokal melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Mufiidah Mufiidah, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang kekayaan alam lokal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di daerah tempat tinggal mereka. Lingkungan alam lokal adalah aset berharga yang dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga bagi peserta didik, namun kesadaran mereka tentang keberagaman dan pentingnya pelestarian lingkungan seringkali kurang. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas diadakan dengan melibatkan siswa kelas 4 sebagai subjek penelitian. Pendekatan penelitian tindakan kelas digunakan untuk mengembangkan penerapan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2024/2025 dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Cipetir sebanyak 24 peserta didik.   Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan empat tahapan menurut Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel rata-rata dan persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPAS bab 5 materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya Kelas IV MI Muhammadiyah Cipetir, dilihat dari nilai rata-rata kelas yang naik dari pra siklus 62,5 dengan persentase ketuntasan 33,33% menjadi 70 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 73,83%, dan naik lagi menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II. Selain itu, keaktifan peserta didik dalam setiap siklus juga meningkat, yaitu dari rata-rata keaktifan 70,85% dengan kategori tinggi pada siklus I menjadi rata-rata 85,4% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI,4(1), 82–97.

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Angreini, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.

Dharma, I. P. W., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 75–85.

Faradita, M. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Harni, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181.

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika,4(1).

Islamiyah, B. M. W., Al Idrus, S. W., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2), 14.

Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240.

Kusnadi, D., & Kusumawati, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan. Edukasia: Jurnal Pendidikan,7(1).

Kartiningsih. (2021). Penerapan Kegiatan Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 235–241.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355.

Nurfitria, A. R., Warsono, W., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(3), 1063.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49.

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22.

Suwardi, I., & Farnisa,R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga.Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1),16–22.

Sari, D. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads TogetheR (NHT) Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 34(1).

Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950.

Syafaren, A., Yustina, Y., & Mahadi, I. (2019). Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 1.

Yazid, S., & Agustang, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 8 Makassar. Jurnal Sosialisasi,5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ