Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IV di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1

Novia Ramadhini Luthfyani, Muhammad Ishaq Gery, Elnawati Elnawati

Abstract


Studi kualitatif ini meneliti strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi pribadi. Artikel ini berisi pengalaman dan strategi yang dilakukan peneliti dalam mengatasi permasalahan terkait motivasi belajar Bahasa Inggris pada peserta didik. Penelitian ini mengkaji strategi efektif dan inovatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara atau pengucapan kosa kata pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Hasil penelitian penerapan strategi efektif dan inovatif memiliki beberapa manfaat dalam peningkatan keterampilan berbicara Bahasa inggris dan hasil belajar peserta didik, diantaranya adalah peserta didik dapat mengucapkan kosa kata Bahasa Inggris dengan baik dan benar, motivasi belajar Bahasa Inggris meningkat, serta peserta didik semakin terlibat aktif dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para praktisi pendidikan dalam menghadapi situasi yang serupa.


Full Text:

PDF

References


Ambawani, S., & Putranti, B. E. (2023). Pelatihan Pelafalan (Pronunciation) Kosa Kata Bahasa Inggris Dengan Metode Drilling Bagi Siswa Sekolah Dasar. AMMA: Jurnal Pengabdian…,2(11),1429–1434. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3892%0Ahttps://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/download/3892/2275

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Sokhiba, A. (2021). Increasing Basic Language Skills of Young Learners in English Lessons. 2(3), 1–5.

Garate, J. (2017). Common Pronunciation Problems of Learners of English. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Holidazia, Rupina, and Rojab Siti Rodliyah. 2020. “Strategi Siswa Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20(1):111–20. doi: 10.17509/jpp.v20i1.24562.

Sondakh, Delfina Christie, and Mega Febriani Sya. 2022. “Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar Delfina Christie Sondakh, Mega Febriani Sya.” 1:9–10.

Ristiana Indriani, Ludvi, Adila Elvin Gunawan, Zaenun Nadzif, Azizah Giusty Syafanti, Khafifah Eva Gesti, Nia Pratiwi, and Herningtyas Dewi Widoretno. 2023. “Analisis Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Role Play Dalam Kelas Berbicara Bahasa Inggris.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 7(2):283–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ