Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Aisyiyah Sukabumi

Silvi Damai Yanti, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 perubahan wujud benda  pembelajaran ke-1 dengan model discovery learning di kelas SD Aisyiyah Sukabumi.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. yang merupakan suatu pencermatan  terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam  sebuah kelas secara bersama, dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan,  pelaksanaan, observasi dan refleksi. dengan mengambil lokasi di SD Aisyiyah Sukabumi  kelas 3. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 yang berjumlah 15 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pada  siklus I nilai rata-rata kelas 60,2 meningkat menjadi 81,4 pada siklus II, dengan  peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 21,2. Persentase ketuntasan belajar  klasikal pada siklus I 44% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dengan peningkatan  persentase 48% aktivitas siswa pada siklus I 62,66 menjadi 80,3 pada siklus II dengan  peningkatan sebesar 17,64, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery  learning dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 perubahan  wujud benda pembelajaran ke-1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3 SD  Aisyiyah Sukabumi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (volume 3). Jakarta: Bumi Aksara. Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Fitriana, F. (2019). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran ipa materi tekanan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 100-108.

Hernawan, H. A., Susilana, R., & Julaeha, S. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multimedia Presindo. Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Paizaluddin & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan teori praktis. Bandung: Alfabeta.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiriaatmaja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ