Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Seluruh Siswa SD Aisyiyah melalui Media Kongkret Buku Cerita

Laila Ningtyas, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira, Muhammad Hayun

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi mereka melalui media kongkret di SD AISYIYAH Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis Penelitian Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini menggunakan responden. dan subjek yang digunakan untuk penelitian adalah seluruh peserta didik SD AISYIYAH Sukabumi yang beralamat Jl. Pelabuhan No.II 185 Blk Sukabumi Kec Citamiang, Kel Cikondang. Dengan jumlah siswa sebanyak 276 peserta didik. Melihat adanya permasalahan di atas, perlu adanya pemanfaatan media sebagai salah satu fasilitas pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat literasi membaca siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, Rendahnya minat baca siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tidak adanya buku cerita yang menarik minat siswa dan sesuai dengan karakteristik anak usia Sekolah Dasar, Dengan penerapan teknik media pembelajaran media dengan buku cerita kongkret bagi peserta didik menjadi termotivasi dalam meningkatkan literasi membaca mereka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa pada tahap siklus 1 masih rendahnya minat baca peserta didik, Siklus II adanya peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa minat literasi membaca peserta didik dapat ditingkatkan melalui media kongkret buku cerita. media kongkret buku cerita itu sendiri bukan hanya berupa aktivitas membaca tetapi juga seperti bermain dan hiburan untuk peserta didik

Full Text:

PDF

References


Akhir, Muhammad. 2017. Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol, 1. No. 2. Hal 30.

Gong, A. G & Irkham, A. M. 2012. Gempa Literasi. Jakarta: Perpustakaan Populer Gramedia

Kemmis. S. & McTaggart, R. (Eds) 1988. The Action Research Planner (3rd edn). Geelong: Deakin University Press.

Palupi, Dkk. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia. Vol, 5. No. 1

Rahim, F. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Pengembang Pusat Pembinaan Badan Bahasa. 2016. Panduan Festival Literasi.Jakarta: Kemendikbud.

Wiedarti, P. dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ