Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi

Authors

  • Sulis Ainun Mardiah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hastri Rosiyanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hera Wahdah Humaira Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Siska Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi melalui penerapan metode Show and Tell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Show and Tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada siklus pertama, peningkatan keterampilan berbicara siswa mulai terlihat, namun belum maksimal. Setelah dilakukan perbaikan dan penyesuaian pada siklus kedua, peningkatan keterampilan berbicara siswa menjadi lebih signifikan. Metode Show and Tell terbukti efektif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara di depan kelas dengan percaya diri, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengorganisasi ide, serta memperkaya kosakata. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih sering menerapkan metode Show and Tell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

References

Suarsih, c. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode show and tell pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia penelitian tindakan kelas pada siswa kelas ii di sd negeri sumurbarang kecamatan cibogo kabupaten subang tahun pelajaran. Jpg: jurnal penelitian guru fkip universitas subang, 1(01). Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/jpg/article/view/235

Nejawati, a. (2017). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode show and tell pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Biormatika : jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 3(02). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/fkip/article/view/96

Rahmayanti, i. M., & parmiti, d. P. (2021). Penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Indonesian gender and society journal, 1(2), 50–54. Https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39086

R. S. A., agus muharam, & hisny fajrussalam. (2023). Penerapan metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di sd. Al qodiri : jurnal pendidikan, sosial dan keagamaan, 21(2), 685-693. Https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.685-693

Sumiyyah, mariana, b., & suwarni. (2024). Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas v sdn 15 mataram melalui metode show and tell tahun ajaran 2023/2024 . Jurnal el-huda, 15(01), 21-26. Https://doi.org/10.59702/el-huda.v15i01.84

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles