Pengaruh Metode The Learning Cell Terhadap Pembelajaran Membaca Tema Perubahan Cuaca Siswa Kelas Iii Sd Aisyiyah Sukabumi

Nur Aisyah, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik sub tema pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia di kelas III A SD Aisyiyah Sukabumi setelah menerapkan metode the learning cell. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III A SD Aisyiyah Sukabumi tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 14 peserta didik. Data penelitian ini tentang hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi.Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode the learning cell pada pembelajaran tematik sub tema pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia di kelas III A SD Aisyiyah Sukabumi menjadikan peserta didik aktif dalam melakukan proses belajar dengan saling melengkapi jawaban dari yang semula hanya mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru, metode the learning cell peserta didik telah menjadi subjek pembelajaran sedangkan guru hanya bertugas sebagai motivator yang memberikan semangat dan bimbingan kepada peserta didik agar tercapai hasil belajar yang maksimal 2) Ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik sub tema pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia di kelas III A SD Aisyiyah Sukabumi setelah menerapkan metode the learning cell, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus II sudah mencapai ada 10 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil tersebut sesuai dengan indikator yang ditentukan. Begitu juga dengan keaktifan belajarnya yaitu mengalami kenaikan pada siklus I ada 8 peserta didik dan pada siklus II sampai dengan 10 siswa. Hasil tersebut sesuai dengan indikator yaitu kategori aktif sekali dan aktif sebanyak 90 %.


Full Text:

PDF

References


Hastuti, P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia Menggunakan Metode The Learning Cell di Kelas III A SDN Bulu Lor Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(2), 255- 264.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 181- 204. Wibawa, Basuki. "Penelitian tindakan kelas." Jakarta: Dirjen Dikdasmen (2003): 2572-2721.

Purnomo, Bambang Hari. "Metode Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research)." Jurnal Pengembangan Pendidikan 8.1 (2011): 210251.

Wulan, Ana Ratna. "Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran." Jurnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia (2007).

Saimaita, S., Soniyar, G., & Rejeki, R. (2023). Penerapan Metode The Learning Cell untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 3(1), 41


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ