Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca di Sekolah Dasar: Tinjauan dari Perspektif Siswa dan Guru

Authors

  • Adelia Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azmi Al bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Iswan Iswan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lailatul Mufida MI Muhammadiyah Butuh 01 & 02 Kalikajar, Wonosobo

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas 5 dan yang dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa minat baca pada siswa kelas 5 MI MUHAMMADIYAH BUTUH 02 di Wonosobo, masih tergolong rendah yaitu tidak memiliki kesadaran sendiri dalam membaca buku, perhatian yang rendah dalam membaca buku baik di sekolah maupun di rumah, tidak menunjukan kesenangan saat membaca buku dan membaca buku yang rendah karena jarang membaca buku baik di sekolah dan di rumah Pendekatan kualitatif deskriptif dilakukan melalui pemahaman fenomena sosial atau manusia sebagai pelaku sosial. Penelitian kualitatif dilakukan melalui analisis mendalam terhadap data yang bersifat deskriptif dan non-angka. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2024, di MI MUHAMMADIYAH BUTUH 02 . Pengalaman data penelitian dilakukan dari hasil wawancara dan pengamatan mendalam pada siswa kelas 5 MI MUHAMMADIYAH BUTUH 02. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat baca di sekolah dasar, dengan memperhatikan perspektif siswa, orang tua dan guru. Kurangnya minat baca di sekolah dasar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melibatkan siswa, orang tua, dan guru. Faktor-faktor ini termasuk kurangnya dukungan orang tua, kurangnya variasi buku yang menarik, dan kurangnya pengajaran yang memotivasi dari guru

References

Ahmad Abdul Hadi, A. S. (2023). RENDAHNYA MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar.

Ama, R. G. (2020). MEMBANGUN MINAT BACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.

Balqis, A. W. (2016). Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Daiman. Rajawali Pers .

Dewi, J. d. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Edutech Undiksha, 271-279.

Elendiana, M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 54-60.

Hadi, A. A. (2023). RENDAHNYA MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR . Renjana Pendidikan Dasar.

Ony Dina Maharani, K. L. (2017). MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.

Roy Gustaf Tupen Ama, S. M. (2020). MEMBANGUN MINAT BACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR . Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles