Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Pemahaman Konsep Sosial Siswa SD

Siti Muthiah, Azmi Al bahij, Baryono Baryono

Abstract


Hasil penelitian dari siswa di MI Muhammadiyah Butuh dapat dipengaruhi beberapa faktor, yaitu penggunaan metode diskusi dan metode ceramah yang dilakukan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar dengan cara metode diskusi dan metode ceramah, menciptakan suasana kelas yang menarik dan nyaman agar siswa tidak jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap pemahaman konsep sosial siswa sd. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi dapat mempengaruhi pemahaman pada pembelajaran di kelas, metode ceramah dan diskusi ini termasuk metode yang sering digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Metode ceramah cara penyampaiannya juga sangat mudah dipahami oleh siswa sehingga adanya interaksi terhadap guru dan siswa, dimana guru menyampaikan materi dengan lisan, penyampaian tersebut guru dapat dibantu oleh gambar maupun video yang sesuai dengan materi sedang diajarkan. Metode diskusi ini tukar pikiran antara guru dan semua siswa yang ada dikelas dalam memecahkan semua masalah yang ada di materi pada pelajaran tersebut, siswa mampu memecahkan masalah tersebut dengan cara bersama-sama dan dibenarkan oleh seorang guru. Pemahaman konsep pada pembelajaran juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group. Terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep sosial antara siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan siswa yang diajar menggunakan metode diskusi. Siswa yang belajar dengan metode diskusi menunjukkan peningkatan pemahaman konsep sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode ceramah.


Full Text:

PDF

References


Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika/Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Deleted Journal, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532

Syamsurijal, S., Sabillah, B. M., Hakim, U., & Irsan, I. (2023). Relevansi Penggunaan Metode Ceramah pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Di Era Digital. Edukatif, 5(4), 1758–1767. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.5495


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ