Pengaruh Penggunaan Teknologi TPACK dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SD Kelas 4

Authors

  • Bunga Ayu Maulida Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azmi Al bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lailatul Mufidah MI Muhammadiyah Butuh, Wonosobo

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat SD membutuhkan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Salah satunya adalah pembelajaran berbasis Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) sangat diperlukan khususnya di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan teknologi TPACK terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas 4 MI Muhammadiyah 01 Butuh Kalikajar. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar matematika pada peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan TPACK dibandingkan pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi TPACK dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika di tingkat SD. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan pendidikan matematika di tingkat dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi TPACK dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih lanjut aplikasi teknologi TPACK dalam konteks pembelajaran matematika yang lebih luas dan mendalam

References

Akhmadan, (2017). Pengembangan bahan ajar materi garis dan sudut menggu nakan macromedia flash dan moodle kelas vii sekolah menengah pertama. Ii (1). Http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Fahmi, s. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal agrisain, 5 (2), 166–191. Https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9071

Murjianti, a., joebagio, h., & suryani, n. (2018). Student teams achievement division with a learning video to increase students` achievements and learning motivation in social science learning. Yupa: historical studies journal, 2(2), 81–89. Diakses dari https://doi.org/10.30872/yupa.v2i2.119.

Stoilescu (2015: 542-543) dalam journal of education computing dalam https://journals.sagepub.com

Suwarsih, madya. 1994. Panduan penelitian tindakan. Yogyakarta: lembaga penelitian ikip yogyakarta.

Rahamdi, a., dewi, y. L. R. Dan murti, b. (2019) “logistic regression analysis on the determinants of stunting among children aged 6-24 months in purworejo regency, central java,” journal of maternal and child health, 4(3), hal. 158–169. Doi: 10.26911/thejmch.2019.04.03.03

Imamul k, evi s, refli r. (2021) mplementasi rancangan pembelajaran berbasis tpack sebagai integrasi pembelajaran. Jurnal teknologi pendidikan, vol. 14, no. 2, e-issn: 2407-7437

Lampiran permendikbud tahun 2016 nomor 22 (https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/permendikbud_tahun2016_nomor022_lampiran.pdf)

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles