Pengaruh Penggunaan Teknologi TPACK dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SD Kelas 4

Bunga Ayu Maulida, Azmi Al bahij, Lailatul Mufidah

Abstract


Pembelajaran matematika di tingkat SD membutuhkan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Salah satunya adalah pembelajaran berbasis Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) sangat diperlukan khususnya di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan teknologi TPACK terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas 4 MI Muhammadiyah 01 Butuh Kalikajar. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar matematika pada peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan TPACK dibandingkan pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi TPACK dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika di tingkat SD. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan pendidikan matematika di tingkat dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi TPACK dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih lanjut aplikasi teknologi TPACK dalam konteks pembelajaran matematika yang lebih luas dan mendalam

Full Text:

PDF

References


Akhmadan, (2017). Pengembangan bahan ajar materi garis dan sudut menggu nakan macromedia flash dan moodle kelas vii sekolah menengah pertama. Ii (1). Http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Fahmi, s. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal agrisain, 5 (2), 166–191. Https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9071

Murjianti, a., joebagio, h., & suryani, n. (2018). Student teams achievement division with a learning video to increase students` achievements and learning motivation in social science learning. Yupa: historical studies journal, 2(2), 81–89. Diakses dari https://doi.org/10.30872/yupa.v2i2.119.

Stoilescu (2015: 542-543) dalam journal of education computing dalam https://journals.sagepub.com

Suwarsih, madya. 1994. Panduan penelitian tindakan. Yogyakarta: lembaga penelitian ikip yogyakarta.

Rahamdi, a., dewi, y. L. R. Dan murti, b. (2019) “logistic regression analysis on the determinants of stunting among children aged 6-24 months in purworejo regency, central java,” journal of maternal and child health, 4(3), hal. 158–169. Doi: 10.26911/thejmch.2019.04.03.03

Imamul k, evi s, refli r. (2021) mplementasi rancangan pembelajaran berbasis tpack sebagai integrasi pembelajaran. Jurnal teknologi pendidikan, vol. 14, no. 2, e-issn: 2407-7437

Lampiran permendikbud tahun 2016 nomor 22 (https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/permendikbud_tahun2016_nomor022_lampiran.pdf)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ