Menanamkan Karakter Gemar Membaca pada Siswa Melalui Pembelajaran Yang Aktif dengan Metode Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Bermain Peran di MI Muhammadiyah Butuh

Authors

  • Chalifalillah Chalifalillah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azmi Al bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lailatul Mufidah MI Muhammadiyah Butuh, Wonosobo

Abstract

Berdasakan hasil pengamatan di sekolah Mi Muhammadiyah Butuh yang di dapat bahwa kemampuan literasi siswa di indonesia berada dalam kondisi memprihatinkan, sehingga salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ialah dengan dikeluarkannya Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik, Kurangnya kesadaran siswa untuk membaca mengakibatkan urgensi literasi perlu ditanamkan sejak usia sekolah dasar.

References

Astri, A. H. A., & Amalia, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6789

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Sawahan - UMS ETD-db. (n.d.). https://eprints.ums.ac.id/67106/

Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di SD N Golo Yogyakarta - Lumbung Pustaka UNY. (n.d.). https://eprints.uny.ac.id/57343/

Syamsuri, C. K., Hosnan, M., & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program LIterasi Sekolah Rakica di SD Negeri Taman Ciruas Permai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 147–162. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14424

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019b). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles