Analisis Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa SD dalam Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SD

Nola Natasha, Azmi Al bahij, Lailatul Mufidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Muhammadiyah Butuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Objek penelitian ini menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap minat dan prestasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Muhammadiyah Butuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Muhammadiyah Butuh yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kondisi dalam diri siswa seperti minat belajar siswa yang masih belum termotivasi dan tidak ada semangat dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi dari luar diri siswa seperti metode, media dan materi pembelajaran yang diberikan guru

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anzar, S. .. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jakarta: 53-64.

Fathurrohman, M. &. (2022). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fitriani, N. H. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Banjarmasin. Jurnal Pahlawan.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 65 Kota Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hapnita, W. A. (2017). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Jurnal UNP, 5(1), 2175-2182.

Kartika. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 42-45.

Kumari, W. (2021). engaruh Interaksi Sosial terhadap Minat Belajar Buddha-Dharma Muda-Mudi Vihara. Surabaya: Insan Cendekia Mandiri.

Ramadhani. (2018). Penggunaan Media dan Teknologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 199-207


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ