Pentingnya Konteks dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika pada Anak Sekolah Dasar Kelas 2

Maya Dwi Febrianti, Azmi Al bahij, Lailatul Mufidah

Abstract


Pentingnya konteks dalam pengembangan pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Butuh 2 menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Tujuan utama adalah untuk mengeksplorasi dampak integrasi konteks dunia nyata dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman siswa, motivasi belajar, dan pengembangan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian melibatkan analisis literatur, observasi kelas, dan implementasi strategi pembelajaran berbasis konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi konteks tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika tetapi juga secara signifikan merangsang motivasi belajar dan pengembangan keterampilan kritis. Implikasi dari temuan ini mencakup perluasan penggunaan strategi pembelajaran berbasis konteks dalam pengajaran matematika untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna bagi siswa. Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia Sekolah Dasar. Kenyataan ini merupakan sesuatu yang menguntungkan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) memberi ruang untuk menggunakan aktivitas bermain sebagai starting point pengembangan konsep matematika. Makalah ini menyajikan contoh bagaimana sebuah aktivitas bermain dapat digunakan sebagai konteks untuk memfasilitasi siswa belajar matematika secara bermakna dan  menyenangkan. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan dasar bagi perubahan pendekatan dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran matematika di berbagai tingkat pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Bito, G. S. (2016). Aktivitas Bermain Sebagai Konteks Dalam Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Matematika Realistik. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar)/Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(4), 250. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2796

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Mustafa, A., Peker, B., & Küçükgençay, N. (2023). Realistic Mathematics education. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/377209600_Realistic_Mathematics_Education

Wijaya, A. (2013). Pendidikan matematika realistik; suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/316598093_Pendidikan_Matematika_Realistik_Suatu_Alternatif_Pendekatan_Pembelajaran_Matematika

Abdillah, F., Sulton, S., & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013.

Darmiyati, & Sutiyarso. (2021). Pengembangan Model Assesmen Autentık Dan Komprehensıf Pada Pembelajaran Matematıka Daerah Pesısır Alıran Sungaı Kalımantan Selatan. Volume 6 Nomor 1

Oktiwati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Bagı Sıswa Kelas 2 SD.

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Wijaya, A. (2009). Manfaat PermainanTradisionaluntuk PMRI: SuatuKa-jian. Dipresentasikan pada Seminardan Workshop PMRI di UniversitasSanata Dharma. Yogyakarta, 28 April2009. Tersedia di http://staff.uny.ac.id diakses17/12/2012 .

Gravemeijer, K. (1994). DevelopingRealis-tic Mathematics Education. Utrecht:Freudenthal Institute, Netherlands.

Sugiman. (2011).PeningkatanPembelaja-ran Matematika denganMeng-gunakan Pendekatan MatematikaRealistik.Tersedia Di http://staff.uny.ac.id /sites/default/files/tmp/2011_PPM_Iceberg_0.pdfdiakses 17/12/2012 .

Wijaya, A.(2012). Pendidikan MatematikaRealistik: Suatu alternatif pendekatanpembelajaran Matematika.Yogyakar-ta: Graha IlmuWijaya,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ