Mengeksplorasi Faktor-Faktor Yang Penyebab Kesulitan Membaca pada Anak Sekolah Dasar Kelas 4

Nur Azizah Armi, Azmi Al bahij, Lailatul Mufidah

Abstract


Membaca ialah suatu unsur penting tidak hanya pendidikan saja tapi di segala aspek apapun karena dari membaca peserta didik dapat memperoleh informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman baru. Penyebab kesulitan membaca meliputi kurangnya latihan membaca, gangguan konsentrasi, dan faktor lingkungan.tujuan penelitian ini ialah menganalisis penyebab – penyebab peserta didik kelas 4 masih sulit untuk membaca padahal sudah  masuk kategori kelas tinggi yang harusnya sudah fasih, memahami, mampu literasi membaca dengan baik dalam penelitian ini peneliti melakukan kegiatan belajar membaca disaat kelas sedang jam kosong atau setelah jam belajar serta melakukan observasi, wawancara dengan wali kelas dan peserta didik itu sendiri penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Butuh 02 di kelas 4. Penelitian ini meneliti 3 peserta didik dari 35 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif,komunikatif, dan kualitatif dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua media pembelajaran yaitu buku bacaan dan video peserta didik mengingat huruf dan kelebihan serta kekurangan membaca antara lain : pengetahuan informasi, pengembangan keterampilan membaca, meningkatkan imajinasi , kesulitan memahami teks, ketergantungan pada informasi tertulis, ketidakseimbangan dalam belajar. ini telah mengidentifikasi beberapa faktor yang berpotensi menjadi penyebab kesulitan membaca, termasuk kurangnya pemahaman fonemik, masalah penglihatan atau pendengaran, faktor lingkungan, kurangnya motivasi, gangguan pembelajaran, dan kurangnya dukungan dari lingkungan pendidikan dan keluarga. dalam mengatasi kesulitan membaca ini, diperlukan pendekatan yang komprehensif dan terpadu. Solusi yang diajukan termasuk penerapan metode pengajaran yang tepat, memberikan bahan bacaan yang menarik, memberikan dukungan dan bimbingan yang berkelanjutan, serta melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran membaca peserta didik Rumusan Hipotesis pada penelitian ini ialah : apabila peran orang tua, guru dan lingkungan  dapat mendukung dan bekerjasama peserta didik akan menjadi fasih dalam membaca . karena tiga peran tersebut amat penting bagi  Pendidikan peserta didik itu sendiri dan dari penelitian tersebut hasil yang dapat disimpulkan bahwa peran guru, orang tua serta lingkungan sangat amatlah penting untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik


Full Text:

PDF

References


Astri, A. H. A., & Amalia, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6789

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Goma, E. I., Satrio, A., Maryanto, I. A., Mahdani, M., Akbar, M. A., & Dharmawan, M. R. (2021). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar (SD): jurnal.fkip.unmul.ac.id. https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.761

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca . Bogor : iN MEDIA .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ