PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR STATISTIKA PADA SISWA KELAS VII DI SMP DHARMA KARYA UT

Nuzulia Ultsani Iffada, Yasin Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan media pembelajaran Bamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar statistika pada siswa kelas VII di SMP Dharma Karya UT. Penggunaan media pembelajaran Bamboozle terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga disarankan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran statistika di tingkat SMP. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilaksakan selama pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Dharma Karya Universitas Terbuka yang berjumlah 27 orang. Peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut mencapai 14,88%, dengan tingkat ketuntasan siswa meningkat dari 74% menjadi 88,88%. Penggunaan media pembelajaran berbasis video dan game edukasi Bamboozle terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF PDF

References


Kusyani, Diah., & Ray, Sukma Adelina. (2023). Efektivitas Baamboozle terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerita Rakyat Sumatera Utara pada Siswa Kelas VII SMP. Ghancaran : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia special edition : Lalonget IV. 463-480. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancaran

Aisah, Binti., & Zuhdi, Ulhaq. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TABLET BERBASIS QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 REJOSO. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 149-158. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1442

Naaziyah, Zumrotun., & Wati, Tri Linggo. (2024). Penerapan Hybrid Learning Pada Motivasi Belajar Siswa Kelas 2A SD Islam Sari Bumi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-9. https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/409

Wijara, Reni., Ydewani, Dorris., & Nagara, Patria. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Hybrid Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Masa Post Pandemi. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 5(1), 27-38. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/2872

Muti, Maulana., Jais, Mudeng., & Rahim, Firdaus. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 132-141. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/view/13026

M, Deandra Khoiro., Samsiah, Ami., Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 509-520. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/1457

Sa’diyah, Ilmatus., Savitri, Adelia., Widjaya, Salsa F G., Wicaksono, Falih., & Wibisono, Al Danny R W. (2021). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru SD/MI melalui Pelatihan Media Pembelajaran Edugames Berbasis Teknologi: Quizizz dan Baamboozle. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 198-204.

Gultom, Gus Muliadi., Firman., & Wahyuni, Anny. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA GAME BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS FASE F.4 SMA N 10 KOTA JAMBI. KRINOK | Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 3(1), 64-69.

Iskandar, Sofiya., Rosmana, Primanita Sholihah., Agnia, Adela., Farhatunnisa, Gaida., Fireli, Pingkan., & Safitri, Rayi. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 12500-12505.

Yuniar, Martha., Hermawan, Yoni., Nurdianti, Raden Roro Suci. Penerapan Model Pembelajaran Roar (Read, Observe, Auditory,Review) Berbantukan Media Baamboozle Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. (2023). Jurnal Sains Student Researc, 1(1), 536-548. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2965/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ