ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII.2 SMP DHARMA KARYA UT

Muhammad Hafidh Fikri, Muhammad Yasin Efendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal garis sudut dan mengetahui faktor yang menjadi penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Karya UT ajaran 2023/2024 lebih tepatnya pada kelas VII.2 . Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan konsep, dan kesalahan prinsip. Kesalahan konsep yang ditemukan yaitu siswa tidak mengetahui besar sudut, dan siswa tidak mengetahui jumlah sudut berpelurus dan perbandingan. Kesalahan prinsip yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, dan ditanyakan pada soal. Faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal, tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga siswa tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal garis sudut dan mengetahui faktor yang menjadi penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Karya UT ajaran 2023/2024 lebih tepatnya pada kelas VII.2 . Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan konsep, dan kesalahan prinsip. Kesalahan konsep yang ditemukan yaitu siswa tidak mengetahui besar sudut, dan siswa tidak mengetahui jumlah sudut berpelurus dan perbandingan. Kesalahan prinsip yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, dan ditanyakan pada soal. Faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal, tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga siswa tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut.


Full Text:

PDF

References


Agustina. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika (Studi Kualitatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 kendari), Jurnal Penelitian Matematika, 4(1), 158-168

Badaruddin, Kadir, dan Anggo (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 4(2). 43-56

Clement, ken dkk. (2018). The Newman Procedure For Analysing Error on Written Mathematical Tasks

Ishak dan Warji. (2017). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Formal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah. 2000. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi. (2010_. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ