ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA DAARUL KHOIR NGLIPAR

Athaya Azanis Zahirah, Wika Soviana Devi, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Minat siswa dalam mempelajari matematika sangatlah penting. Karena ketika siswa tertarik untuk belajar, maka mereka juga tertarik untuk belajar matematika. Selain itu, minat belajar merupakan modal awal yang harus dimiliki siswa. Minat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Karena minat belajar merupakan salah satu keberhasilan belajar mengajar. Tujuan dari analisis minat belajar ini adalah untuk memahami minat siswa dalam belajar matematika dan menggunakan hasil analisis tersebut sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini minat siswa terhadap mata pelajaran matematika dianalisis dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat siswa dalam belajar matematika. Secara ringkas, sikap seluruh responden dapat disimpulkan sebagai siswa yang menyukai matematika lebih cenderung mengakui bahwa mereka tidak menyukai kelas matematika berdasarkan tanggapan mereka. Selain itu, ada siswa yang menyatakan menyukai mata pelajaran tersebut karena menarik minatnya, dan ada pula siswa yang menyatakan menyukai guru yang mengajarkannya. Kurangnya minat terhadap mata pelajaran matematika dapat menghambat pembelajaran. Jika siswa tidak cukup tertarik pada matematika, mereka cenderung kurang termotivasi dan antusias serta mungkin kesulitan untuk memahami konsep yang diajarkan. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mencapai potensi penuh Anda dalam matematika.


Full Text:

PDF

References


Amaliyah, A. F. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Renjana Pendidikan Dasar.

Asih, A. &. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).

Dimas Assyakurrohim, D. I. (2023). Metode Studi Kasusdalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer.

Dores, O. J. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar negeri 4 sirang setambang tahun pelajaran 2018/2019. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika.

Falah, B. N. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendididkan Matematika.

Friantini, R. N. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Junal Pendidikan Matematika Indonesia.

Yuliati, I. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari minat belajar peserta didik. Jurnal Cindekia: Jurnal Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ