PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS 8.2 SMP DHARMA KARYA UT

Akhira Mahalia, Yasin Efendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan pada materi lingkaran di kelas 8.2 SMP Dharma Karya UT. Cooperative learning adalah metode pembelajaran yang menekankan kerja sama antar siswa dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama. Diharapkan bahwa model ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep lingkaran dan meningkatkan keterampilan sosial dan pemikiran kritis mereka. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah pendekatan kualitatif yang digunakan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi. Proses pembelajaran dilaksanakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29 siswa di kelas 8.2 SMP Dharma Karya UT dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi lingkaran jika model pembelajaran kooperatif diterapkan pada materi lingkaran. Siswa lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, bekerja sama, dan berkomunikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa pada materi lingkaran di kelas 8.2 SMP Dharma Karya UT. Penelitian ini menyarankan penggunaan model ini sebagai alternatif metode pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran siswa.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A., & Mulyani, S. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 115-123. https://doi.org/10.22342/jpmi.9.2.10892.115-123

Fransisika., Maizora, S., & Yensy, N.A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk MeningkatkanPemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383-393.

Harefa, D., dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 13-26.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatik. Pustaka Belajar.

Kurniasih, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Thaharoh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 2031-2038.

Nurhayati, T., & Anggraeni, L. (2021). Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran matematika di SMPN 3 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 45-52. https://doi.org/10.17509/jppm.v10i1.12032

Prasetyawati, V. (2021) . Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EPISTEMA, 2(2), 90-99. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275

Purba, M. P., Tilaar, A. L. F., & Maukar, M. G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Materi Lingkaran. Educational Journal: General and Specific Research, 2(2), 221-229.

Putri, S. K., & Haryanto. (2019). Pengaruh model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(4), 1-12. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i4.34155


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ