Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas VIII

Indira Yuliana, Yasin Efendi

Abstract


Pengajaran keterampilan menulis merupakan salah satu bentuk pengajaran keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu kegiatan menulis yang penting dilakukan oleh siswa di sekolah adalah keterampilan menulis naskah drama. Model pembelajaran dan media yang bervariasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran menulis teks drama dengan pembelajaran berbasis masalah dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks drama siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis masalah sudah efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks drama. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Dharma Karya UT sebanyak 28 siswa.

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Luh Putu Onny. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas VIII E SMP Negeri 4 Kubu Tambahan. E-journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha, Vol, 7. No, 2.

Asnawi & Oki. 2017. Penggunaan Metode GIST pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca dalam Hati. In International Seminar on Education, Language, Literature, and Art (ISELLA) Indonesia: Universitas Islam Riau.

Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Padang: UNP.

Kemal, 1. 2013. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Teks Drama dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal Pendidikan, Vol, 1. No, 1.

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia: Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Rahmadhani, Meri. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMA Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol, 7. No, 3.

Rifa’i, Muhamad. 2018. Wayang Kardus Sebagai Media Pembelajaran Mengorversi Naskah Drama untuk SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol, 3. No, 1.

Schereurs, J. 2014. A Shift Teacher Centered to Learner Centered Approach. iJEP: International of Journal. Vol, 4. No, 3.

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suriadiman, N. 2019. Pengembangan modul berbasis masalah menulis naskah drama siswa kelass VIII SMPN 4 siak Hulu Kabupaten Kampar. Geram: Gerakan Aktif Menulis. Vol, 7. No, 1.

Suryani, E, Asri Y dan Ratna, E. 2017. Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 6, Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ