Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Quizziz pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi

Ananda Latifah, Ismah Ismah, Hera Humaira Wahdah, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini didasari dari hasil observasi awal mengenai rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa pada siswa-siswi kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan media game Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Materi garis dan sudut menjadi fokus dalam penelitian ini yang dipelajari peserta didik siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi semester ganjil tahun pelajaran 2023/ 2024. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil tes siswa dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi pada mata pelajaran Matematika materi garis dan sudut. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media game Quizizz mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi semester ganjil tahun pelajaran 2023/ 2024. Data motivasi belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Dalam angket tersebut terdapat pernyataan dengan masing-masing 5 pilihan yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), Ragu-ragu (R), tidak setuju (TS), sangat tidak setuju (STS). Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika rata-rata skor motivasi belajar Matematika siswa minimal berada pada kategori tinggi. Untuk mengumpulkan data prestasi belajar Matematika siswa dikumpulkan melalui tes prestasi yang berbentuk soal. Siswa dikatakan tuntas jika " ≥ 75; KK ≥ 80%”. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Penerapan media quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi semester ganjil tahun pelajaran 2023/ 2024. (2) Penerapan media quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas siswa VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi semester ganjil tahun pelajaran 2023/ 2024. Nilai rata-rata prestasi belajar Matematika siswa meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 83,33 pada siklus II hal ini mengindikasikan terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika siswa.


Full Text:

PDF

References


Tiana, A., Krissandi, A. D. S., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media game quizizz pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 943-952.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Radaa, M., Erawatib, N. K., & Indrawanc, I. P. E. (2021). Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains P-ISSN, 2302, 2124.

Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567-578.

Rahmawati, D. S. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV di SDN Aren Jaya 1 Kota Bekasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).

Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ