Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa ADHD untuk Meningkatkan Kreativitas Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Labschool FIP UMJ

Nadya Agustin, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengimplikasikan metode pembelajaran berbasis proyek untuk siswa yang memiliki gangguan ADHD, yaitu siswa yang mengidap sulit terfokusnya diri mereka saat belajar. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melakukan penelitian langsung di sekolah, peneliti menganalisis, mengamati, mengobservasi serta mengimplikasikan metode projectbased learning. Metode PJBL merupakan metode yang bertujuan untuk mengajak siswa aktif saat diberi tugas berbentuk proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran menggunakan metode berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa ADHD dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kajian literatur yang mendukung fokus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama Pelatihan Lapangan Penelitian (PLP) Terintegrasi KKN dari 25 Januari 2024 hingga 31 Mei 2024.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa PJBL merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa ADHD pada pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa ADHD sangat berpartisipasi dan mampu menunjukan kreativitasnya melalui pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode PJBL.


Full Text:

PDF

References


Hartono, Deni Puji. (2018). PJBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PJBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1(2), 1-11.

Natty, Kristin, Anugraheni. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 3-9.

Octaviani, W. (2020). Pengaruh Constructive Play Therapy dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. (Tesis), UIN Raden Fattah, Palembang, diakses dari: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7920. 9–29.

Purnomo, H & Yunahar, I. (2019). Laporan riset unggulan prodi. Yogyakarta: Prodi Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penerbit: K-Media. Yogyakarta.

Widodo, A.I, D., dkk.(2019). Analisis konten HOTS dalam buku siswa kelas V tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ