Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bantuan Individu dalam Kelompok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok di kelas IX SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi dan dilaksanakan melalui II siklus. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil dengan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok dapat dilihat dari hasil menulis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ati, Aster Pujaning et al., 2018. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2 Nomor 1. https://journal.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/download/887/774
Khodijah, Siti. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan. Volume 20 Nomor 1. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/download/7341/5509
Turnip, Berlian Romanus et al., 2022. Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif di Kelas IX MTS Binaul Iman Karangsari. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. Volume 19 Nomor 2. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/download/649/446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.