Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bantuan Individu dalam Kelompok

Authors

  • Pebriliana Husnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Al Ghani Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok di kelas IX SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi dan dilaksanakan melalui II siklus. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil dengan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok dapat dilihat dari hasil menulis siswa.

References

Ati, Aster Pujaning et al., 2018. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2 Nomor 1. https://journal.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/download/887/774

Khodijah, Siti. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan. Volume 20 Nomor 1. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/download/7341/5509

Turnip, Berlian Romanus et al., 2022. Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif di Kelas IX MTS Binaul Iman Karangsari. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. Volume 19 Nomor 2. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/download/649/446

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles