Capaian Pembelajaran dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Materi Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka

Vivi Ramadhani, Anzily Rahma Alia, Nadhila Nur Shadrina

Abstract


Buku seperti buku teks kelas X bahasa Indonesia Cerdas, Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia tidak lepas dari kurikulum yang ada saat ini. Isi dan materi pada buku teks bahasa Indonesia harus disesuaikan dengan kurikulum merdeka. Dimana dengan penekanan pada pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis kompetensi, kurikulum merdeka ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi siswa. Sehingga menyesuaikan fase atau capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian capaian pembelajaran seperti menyimak, membaca, menulis, dan mempresentasikan pada buku teks bahasa Indonesia kelas X pada materi teks negosiasi dalam penerapannya di kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mana penulis secara mandiri mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat komponen capaian pembelajaran seperti menyimak, membaca, menulis, dan mempresentasikan dalam materi teks negosiasi telah dipenuhi atau sejalan dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku teks bahasa Indonesia kelas X ini menunjukkan bagaimana buku teks dapat membantu siswa membangun kemampuannya sejalan dengan tujuan kurikulum yang lebih mudah beradaptasi dan berbasis kompetensi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., Kuntarto, E., & Purba, A. (2024). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Vol 14 No 1.

Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2024. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).

Buku Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Rochaeni, R., & Khaerunnisa, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Tingkat Madya B2 Berbasis Budaya Banten. Prosiding SAMASTA.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol 4 No 6.

Purba, Andiopenta. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Observasi pada Mahasiwa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 17 No 1.

Purba, Andiopenta. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Berorientasi pada Teks. Bantul Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Sutama. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Utari, W., & Gafari, M. O. F. (2023). Pengembangan Materi Ajar Teks Negosiasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol 2 No 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ