Penerapan Media Film Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Teks Ulasan di SMP Labschool FIP UMJ

Amalia Susanti, Zaitun Zaitun

Abstract


Media merupakan salah satu penunjang yang memiliki peranan penting dalam setiap proses pembelajaran karena dapat membuat teori yang disampaikan menjadi  lebih mudah dan menarik bagi peserta didik. Film animasi adalah salah satu bentuk media yang menggabungkan audio dan visual melalui penceritaan dengan menggunakan teknik animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pembelajaran materi teks ulasan berbantuan media film animasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian yang dikaji adalah media film animasi Nussa dan Rara yang berjudul Bundaku. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Labschool FIP UMJ. Hasil penelitian penerapan media film animasi Nussa dan Rara yang berjudul Bundaku dalam pembelajaran teks ulasan memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir krtitis yaitu: (1) visualisasi yang menarik dan kreatif, (2) pemahaman konsep yang kompleks, (3) pengayaan materi pembelajaran, (4) meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa, (5) mengembangkan kemampuan analisis siswa, (6) mendukung gaya belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Agus, M Kastiyawan, et.al,. (2017). Pengembangan Media Levidio StoryBoard Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film/Drama Pada Siswa Kelas XI SMK. CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics. Volume. 3. Nomor. 1.

Dwi Cahyani, et al,. (2022). Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII smp negeri 2 melaya. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62364.

Fathurohman Irfai, et al,. (2014). Film animasi sebagai media pembelajaran terpadu untuk memacu keaksaraan multibahasa pada siswa sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/430.

Muning Sayekti Octavian. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume.8. No.2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/29093/12940

Mailida Yulita, et al,. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. Volume.3. Nomor. 2. https://jinnovative.org/index.php/Innovative.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ