Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Webtoon terhadap Keterampilan Membaca Cerita Fiksi

Rita Mentari, Ratna Dewi Kartikasari, Dinda Septiandari

Abstract


Penelitian ini didorong oleh rendahnya keterampilan membaca cerita fiksi dan minat membaca peserta didik. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan media webtoon dalam pembelajaran cerita fiksi untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC dengan bantuan media webtoon terhadap keterampilan membaca cerita fiksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parung dengan melibatkan 84 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dengan 40 peserta didik dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol dengan 44 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain true experiment dan rancangan post-test-only. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan media webtoon pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini dibuktikan melalui analisis statistik dengan uji-t, di mana diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan t_hitung sebesar 10,580 dengan df = 82. Pada taraf signifikan 5%, nilai t_tabel adalah 1,663. Karena t_hitung > t_tabel, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media webtoon memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan membaca cerita fiksi peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Hasan, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Nuririski, Kiki. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Pengamatan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 13 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Sari, Putu Ayu. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Journal for Lesson and Learning Studies, 3 (1):141-152.

Sudiarni, Ni Kadek dan Sumantri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Singaraja: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1): 71-81.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Ummah, Roifatul Laili dan Istianah. (2021). Pengembangan Media Komik Webtoon Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 9(6): 2526-2539.

Yasmin, Fatimah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Coopverative Integrated Readingand Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 1(1): 52-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ