Pengaruh Media Pembelajaran Educandy terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas 8.2 SMP Labschool FIP UMJ

Erlinda Nur Rahma Gita, Zaitun Zaitun

Abstract


Media pembelajaran memiliki manfaat yakni memperjelas penyampaian pesan dan informasi, yang dapat memperjelas dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Media pembelajaran juga dapat mengarahkan perhatian peserta didik, yang berdampak pada keaktifan dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran Educandy berpengaruh terhadap keaktifan peserta didik kelas 8.2 SMP Labschool FIP UMJ. Penggunaan media pembelajaran Educandy digunakan pada materi pembelajaran bahasa Indonesia yakni kaidah kebahasaan teks ulasan salah satunya adalah kata sifat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester 6 tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 8.2 SMP Labschool FIP UMJ sebanyak 24 siswa. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis secara kualitatif dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran educandy berpengaruh pada keaktifan peserta didik kelas 8.2 SMP Labschool FIP UMJ.


Full Text:

PDF

References


Bentriska, H. K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Siswa SMAN 3 Sidoarjo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4), 1-8.

Hikmiah, A. N. (2022). Peningkatan hasil belajar materi mengenal satuan waktu melalui media belajar berbasis game educandy kelas 2A SD Negeri Sedati Agung. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5(2), 151-169.

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7-11.

Nurhikmah A., M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 439-448.

Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 228-237.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ