Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 33 Tangerang

Egha Mutiara Rizki, Eliza Nur Azizah, Azkia Tuzzahra, Fitri Ramadhani

Abstract


Kurikulum diartikan secara etimologis, berasal dari Bahasa Yunani, yaitu curir yang artinya pelari dan curare artinya tempat berpacu. Kurikulum merupakan pedoman untuk pelaksanaan pembelajaran jenjang pendidikan dan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan.  Kurikulum yang diterapkan pada tahun ini belum merata Kurikulum Nasional atau Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 33 Tangerang. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan permasalahan dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Adapun hasil penelitian tersebut yaitu dalam menggunakan Kurikulum Merdeka karena harus membuat aksi nyata pada platform Kurikulum Merdeka, strategi mengajar dalam menggunakan gaya belajar berdifrensiasi, kurangnya pengalaman tentang Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang digunakan SMPN 33 Tangerang pada tahun ini belum merata yaitu baru diterapkan pada peserta didik kelas 7 dan 8 saja. Guru merasa lebih rumit menggunakan Kurikulum Merdeka karena perubahan administrasi yang cukup rumit.

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan KI Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3.

Amiruddin, M. S. (n.d.). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platfom Merdeka di Satuan Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pengajaran, dan Pendidikan, Vol 4 No 1.

Arnes Amelia, M. Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru PPKN untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 5 No 1.

Jumrawasi Jumrawarsi, N. S. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jurnal Ensiklopediaku, Vol 2 No 3.

Khaerunnisa, A. F. (2021). Modul Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Project Method. Tangerang Selatan.

Mahfudz. (n.d.). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya. Jurnal Riset Ilmiah, Vol 2 No 2.

Nasution, M. K. (2017). Pengguna Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Bidang Keilmuan Bidang Pendidikan, Vol 11 No 01.

Pratiwi Wiwik, S. H. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, Vol 10 No 1.

Priantini Dewa Ayu Made Manu Okta, N. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 8 No 2.

Rafikayati Ana, L. I. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Inklusi. Kanigara Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 2 No 2.

Ramdhani. (2023). Problematika Kurikulum Merdeka bagi Para Guru di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Referen UHAMKA, Vol 11 No 1.

Rusmawati Angger, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar LKPD Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis HOTS. Prosiding SAMASTA.

Santika I Gusti Ngurah, N. K. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education dan Development, Vol 10 No 3.

Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gando Mlarak Ponorogo. Proceeding International Conference On Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, Vol 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ