Sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Pengajaran Siswa untuk Meningkatkan Fokus Belajar dan Revitalisasi Perpustakaan

Zalwa Ayu Sabilah, Ahmad Fadly

Abstract


Artikel ini mengeksplorasi metode-metode untuk merevitalisasi perpustakaan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan arah pembelajaran siswa. Strategi ini mencakup pembaruan dan peningkatan infrastruktur dan fasilitas perpustakaan, menawarkan pilihan buku yang terkini dan relevan, serta menggabungkan teknologi informasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik. Artikel ini juga menyoroti betapa pentingnya bagi guru dan pustakawan untuk mendapatkan pelatihan agar dapat memfasilitasi penggunaan perpustakaan sebaik mungkin dalam proses pendidikan. Diharapkan bahwa revitalisasi perpustakaan akan meningkatkan hasil pembelajaran secara keseluruhan, memperkaya pengetahuan siswa, dan memicu minat pembaca. Untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang efek menguntungkan dari revitalisasi perpustakaan terhadap kualitas pengajaran dan fokus pembelajaran siswa, analisis ini didasarkan pada studi kasus dan penelitian terkait.

Full Text:

PDF

References


Djajadi, M. (2020). Efektivitas pendidikan dan pelatihan guru: suatu upaya meningkatkan kualitas pengajaran fisika. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 30-45.

Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja.

Munawarah, S. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Basic Education Research, 1(2), 58-61.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138-163.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model).

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.

Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan artikel ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 163-172.

Wildan, W. (2021). Peranan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Bahasa di SMA Negeri 1 Janapria. Educatio, 16(2), 108-120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ