Peningkatan Minat Baca Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan Problem Based Learning dengan multimedia dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, kegiatan peserta didik dari siklus I dengan jumlah 23 peserta didik ke siklus II dengan jumlah 30 peserta didik. Kedua dapat meningkatkan hasil belajar minat baca peserta didik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan hasil belajar berikut ini (1) prestasi belajar peserta didik 30 peserta didik tuntas (2) peserta didik mampu menghasilkan meningkatkan minat baca dengan kualifikasi baik, (3) 30 peserta didik memiliki tingkat keaktifan belajar baik, (4) 30 peserta didik memiliki apresiasi minat baca dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan minat baca peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang.
Full Text:
PDFReferences
Chasanah, Sari. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas IX SMP Muhammadiyah Setiabudi Pamulang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Farida, Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Puspita, Mahapeserta Efta. (2019). Kemampuan 3 Menulis Naskah Drama Mengggunakan Metode Problem Based Learning XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2).
Sabrina, R. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2 September 2017; seri C 272-280.
Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 122–127.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Suhada Hamsi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta didik Kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Pekan Baru.
Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134 78–92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.