Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII.2 SMP Muhammadiyah 22 Pamulang melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek

Andini Andini, Ahmad Fadly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VIII.2 SMP Muhammadiyah 22 Pamulang melalui pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Muhmmadiyah 22 Pamulang yang berada di Kota Tangerang Selatan. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis proyek secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada aspek struktur tulisan, penggunaan tata bahasa, dan pengembangan ide. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, serta mampu mendorong keterlibatan aktif dan kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis di sekolah menengah.


Full Text:

PDF

References


Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52-61.

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., ... & Arisah, N. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Tahta Media.

Pratiwi, S., & Ariesta, R. (2018). Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(2), 210-218.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 65-67.

Tarigan, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 148-157.

Vista Febrianika, D., Handayani, T., & Partini, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Pada Mata Pelajaran B. Indonesia Di Kelas IVA SDN 187/II Kuning Gading. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3(2), 131–136.

Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-173.

Widyatmoko, K, P, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Media Infografik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS II SMAN 11 Yogyakarta.

Yusra, H. (2022). Pengaruh Penalaran Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Pjbl. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 446–455.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ