Dampak Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul

Izharuddin Muhammad Isfahani, Muhammad Sofian Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana dampak program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam upaya menumbuhkan minat baca peserta didik di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada permasalahan fakta di lapangan melalui hasil observasi, wawancara, atau penelitian dokumen untuk menjelaskan dampak apa saja bagi peserta didik saat pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Dengan metode deskriptif kualitatif peneliti memberikan data berupa hasil pengamatan secara langsung di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) mampu memberikan pengaruh dalam upaya menumbuhkan minat baca peserta didik, pengaruh itu dapat dilihat dari prestasi dan hasil karya tulis peserta didik dalam bentuk bacaan. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sangat efektif untuk meningkatkan kualitas peserta didik SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., et al. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, F., Yulianto, A., & Solehun, S. (2021). Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 40-46.

Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD YPK Alfa Omega Waisai. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 59-66.

Friantary, H. (2019). Budaya Membaca sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 66-70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485

Kemendikbud. (2015, August 19). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.

Safitri, L., Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 153-157.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 1–10.

Wiedarti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ