Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik dengan Menggunakan Aplikasi Wattpad di Era Digital pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang

Assyifa Salsabilla Amalia

Abstract


Minat membaca di kalangan peserta didik merupakan salah satu indikator penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Di era digital saat ini, aplikasi Wattpad menjadi salah satu alternatif yang potensial untuk meningkatkan minat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan aplikasi Wattpad terhadap minat membaca peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Wattpad memiliki pengaruh positif terhadap minat membaca peserta didik. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik dan orang tua dapat mendorong peserta didik untuk memanfaatkan aplikasi Wattpad sebagai media bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), dengan metode kuantitatif berupa eksperimen dan metode kualitatif berupa studi kasus.


Full Text:

PDF

References


Hadi, S. (2017). Minat Baca Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-56.

Santoso, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 123-134.

Wattpad. (2024). About Us. Diakses dari https://www.wattpad.com/about

Yulia, R. (2020). Interaksi Digital dan Dampaknya terhadap Literasi Siswa. Jurnal Literasi Digital, 8(3), 89-105.

Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus. Research in Education and Technology, 1(1), 36-45.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.

Mashika, A. K. P., Awwaliyah, R. P., Herawati, E. M., Juniarti, S., & Trisnawati, T. (2024). Tinjauan Yuridis mengenai Perlindungan terhadap Karya Sastra Terhadap Aplikasi Wattpad Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 3(10), 88-98.

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28-36.

Artajaya, G. S. (2022). Inovasi media wattpad dalam pembelajaran sastra Indonesia. In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 173-184).

Pratiwi, S., & Dewi, T. U. (2023). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Literasi Digital. Khazanah Pendidikan, 17(2), 229-236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ