Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul

Tiara Assyifa, Muhammad Sofian Hadi

Abstract


Hasil dari penelitian ini difokuskan pada implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul. Dengan adanya kurikulum merdeka, peserta didik diharapkan berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuannya karena dengan kurikulum merdeka maka diperoleh pembelajaran yang kritis, berkualitas, unggul, aplikatif, ekspresif, variatif, dan progresif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Tujuan peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adalah untuk memberikan gambaran sistematis mengenai tantangan dan hambatan dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dengan mata pelajaran Bahasa indonesia, Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi untuk meneliti informan kunci, teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara catat. Peneliti mencatat hasil pengamatan yang dilakukan selama observasi disekolah selama berlangsungnya pembelajaran. Tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia antara lain: 1) keterampilan mengajar guru menggunakan kurikulum merdeka 2) kepandaian dalam menguasai keterampilan dasar untuk kebutuhan belajar di era digital, 3) kepandaian dalam mengelola kelas, dan 4) referensi yang terbatas.


Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Munandar, A. (2017, October). Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif. In dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Mataram: Aula Handayani IKIP Mataram.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis model integrated di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 1194-1200.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ