Meningkatkan Minat Literasi dalam Pembelajaran Teks Puisi SMA Daarul Khoir

Authors

  • Annisa Kirani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Wika Soviana Devi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat literasi peserta didk dalam membaca dan menulis teks puisi. Peserta didik kelas X SMA Daarul Khoir mampu menerapkan literasi dalam diri masing-masing, hal ini dapat dilihat dari hasil siklus 1 dan 2 yang mana persentase dari kedua siklus itu berkembang secara signifikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat literasi peserta didik dalam pembelajaran dan karakteristik peserta didik dalam meningkatkan minat literasi. Perpustakaan sekolah menjadi sebuah wadah untuk peserta didik untuk membaca, terutama dalam pembelajaran teks puisi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang terdiri dari 26 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes.

References

Gloriani, Yusida. 2006. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Kuningan: Universitas Kuningan.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles