IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA JAMIYYAH ISLAMIYYAH PONDOK AREN

Assya Kamila Fauziah, Asfari Putri Irfani, Oktaviana Dewi, Nurul Huda

Abstract


Kurikulum Merdeka diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2021, menjadikan salah satu utama pilar pembangunan nasional adalah pendidikan. Penelitian ini berfokus pada penerapannya di Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih memahami potensi dan permasalahan yang terkait dengan penerapan kurikulum merdeka di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas masih dalam tahap awal dan menghadapi berbagai tantangan, seperti kesiapan guru, sumber daya belajar, dan penilaian. Namun, di sisi lain, terdapat peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran berdiferensiasi, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (edisi khusus mahasiswa pendidikan dan pendidik). Pascal Books.

Firman, F., Tersta, FW, Riantoni, C., & Sekonda, FA (2019). Analisis Kompetensi Pedagogis dan Kesiapan Guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dalam Mempertahankan Implementasi Kurikulum 2013. Educational Research and Reviews, 14 (13), 474-483.

Melati, P. D., Gulo, C. A., Rini, E. P., Silalahi, N. I., Latif, F., & Wijaya, H. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29477-29486.

Napitupulu, G., Silalahi, M., & Gultom, S. (2023). Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Bandar. Journal on Education, 6(1), 5397-5406.

Novianto, M. A., & Abidin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Kedungkandang Malang. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 241-251.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis model integrated di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 1194-1200.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Sitorus, F. R., Waruwu, K. K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 328-334.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Ulinniam, dkk. 2021. Penerapan Kurikulum Revisi 2013 di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.2 No.1.

Wijaya, HA (2023). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di Sma Negeri Bingin Teluk Kabupaten Musi Rawas Utara. Tazkirah , 8 (2), 120-126.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ