Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Ponjong

Nadiva Rahma, Mahbubul Wathoni, Ismah Ismah, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Hal tersebut seiring dengan berkembangnya teknologi dalam bidang pendidikan yang menuntut efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa dengan pemanfaatan media audio visual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh siswa, yakni kurangnya keterampilan membaca puisi pada siswa dan kurangnya keefektifan penggunaan media pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Muhammadiyah Pojong saat pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang berlangsung sejak bulan Februari-Maret tahun 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Ponjong tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas X SMK Muhammadiyah Ponjong.  Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan membaca siswa pada siklus I adalah 73,5 dengan presentase siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 11 orang atau 55%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan signifikan menjadi 80,35 dengan presentase siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 18 siswa atau 90%. Hal ini terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 35% siswa mencapai kriteria tuntas belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Basman, A. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Ejaan Siswa Kelas 1 SDN 30 Rumaju.

Fadillah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran, 1(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453

Indah, A.N., Hadiwijaya, R., & Chandra, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Negeri Calincing Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(4), 395-402. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v6i1.20510

Istiqomah, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V SDN I Pasir Gintung Bandar Lampung. Disertasi, UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=peningkatan+keterampilan+membaca+puisi+dengan+menggunakan+media+audio+visual+di+kelas+v+sdn+1+pasir&btnG=#d=gs_qabs&t=1713343185047&u=%23p%3DxIOV20X1CIkJ

Suryani, N. (2020). Peningkatan Minat dan Keterampilan Membaca Puisi Siswa SD Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Education and Development, 8(4), 180-189. DOI: https://doi.org/10.3081/ed/.v8i1.2096

Taggart, M., & Kemmis. (1981). The Action Research Planner. Deakin University.

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 231-236. DOI: https://doi.org/10/3506/judika.v3i2/215

Yanti, M., Nasrah, S., & Pratiwi, R. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VIII SMPS Raudhatul Fuqara. KANDE: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 119-128. DOI: https://doi.org./10.29103/jk.v2i1.468


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ