IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 PARUNG

Intan Silvana, Nyi A’inul Mardiah, Sabrina Nadia Hani, Lisa Nur Afifah

Abstract


Unsur terpenting dalam menentukan kesejahteraan suatu negara dan kualitas sumber daya manusianya adalah pendidikan. Kurikulum merupakan sumber pengajaran yang dinamis dan hidup yang perlu ditinjau secara teratur, kreatif, dan dinamis seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat. Mungkin akan lebih mudah bagi para profesional pengajar untuk melaksanakan pembelajaran jika kurikulum diperbarui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 1 Parung. Metodologi penelitian yang dipilih penulis untuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang dimaksudkan untuk melukiskan gambaran suatu situasi atau peristiwa. Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan data fundamental. Berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah, kami melihat bahwa guru yang diwawancarai memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan kreativitas dalam menyajikan konten, menginspirasi semangat di kelas, dan menunjukkan ketegasan yang positif kepada siswa.

Full Text:

PDF

References


Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Faizin, M., Ubaidillah, M. F., & Akbar, M. I. F. (2023). Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 1707–1715.

Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi kahoot sebagai media dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia pada guru sma di sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39-44.

Melani, A., & Gani, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.

Masyukur, Ruhban. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.

Mustaghfiroh, Siti. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (1).

Nathasia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis strategi guru bahasa Indonesia dalam implementasi kurikulum merdeka di SMKN 11 Malang. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 227-245.

Utomo, W. S. (2017). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 7, Yogyakarta).

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget Usage, Mother-Child Interaction, and Social Emotional Development among Preschool Children. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(1), 75–86.

Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di SD Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, & puji rahayu. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ