Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Dharma Karya UT

Khori Ananda, Yasin Efendi

Abstract


Membaca adalah proses memperoleh informasi dari apa yang ditulis oleh penulis. tujuan membaca adalah untuk menghibur, memberikan informasi baru, dan menumbuhkan pemikiran kritis pembaca.  Orang yang sering membaca akan memperoleh banyak pengetahuan baru, tetapi mereka tidak terlalu tertarik untuk membaca, terutama di kalangan siswa. Penelitian ini bersifat observasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Karya UT. Pengumpulan data penelitian dilakukan dari hasil pengamatan mendalam pada siswa kelas VIII.1 SMP Dharma Karya UT, Terdapat dua faktor yang bertanggung jawab atas penurunan minat baca siswa. Faktor internal termasuk kemampuan siswa dalam membaca, motivasi mereka untuk membaca, dan kebiasaan mencari dan membaca buku. Faktor eksternal termasuk keadaan ekonomi keluarga, dukungan yang diberikan sekolah, dan situasi keluarga. Guru mempunyai peranan penting dalam membuat lingkungan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa. peran orang tua juga penting, tetapi seringkali terhambat oleh ketertarikan pada hasil belajar dan pengaruh teknologi seperti gawai. Kemampuan membaca siswa, motivasi, dan kebiasaan mencari bahan bacaan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan minat baca siswa rendah serta metode untuk meningkatkan minat baca siswa. Hasil penelitian pada artikel ini kemudian dijabarkan dalam bentuk faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca pada siswa seperti, Keterlibatan siswa dalam teknologi dan media sosial, lingkungan di sekolah yang tidak mendukung, dan Kurangnya waktu luang untuk membaca.

Membaca adalah proses memperoleh informasi dari apa yang ditulis oleh penulis. tujuan membaca adalah untuk menghibur, memberikan informasi baru, dan menumbuhkan pemikiran kritis pembaca.  Orang yang sering membaca akan memperoleh banyak pengetahuan baru, tetapi mereka tidak terlalu tertarik untuk membaca, terutama di kalangan siswa. Penelitian ini bersifat observasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Karya UT. Pengumpulan data penelitian dilakukan dari hasil pengamatan mendalam pada siswa kelas VIII.1 SMP Dharma Karya UT, Terdapat dua faktor yang bertanggung jawab atas penurunan minat baca siswa. Faktor internal termasuk kemampuan siswa dalam membaca, motivasi mereka untuk membaca, dan kebiasaan mencari dan membaca buku. Faktor eksternal termasuk keadaan ekonomi keluarga, dukungan yang diberikan sekolah, dan situasi keluarga. Guru mempunyai peranan penting dalam membuat lingkungan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa. peran orang tua juga penting, tetapi seringkali terhambat oleh ketertarikan pada hasil belajar dan pengaruh teknologi seperti gawai. Kemampuan membaca siswa, motivasi, dan kebiasaan mencari bahan bacaan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan minat baca siswa rendah serta metode untuk meningkatkan minat baca siswa. Hasil penelitian pada artikel ini kemudian dijabarkan dalam bentuk faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca pada siswa seperti, Keterlibatan siswa dalam teknologi dan media sosial, lingkungan di sekolah yang tidak mendukung, dan Kurangnya waktu luang untuk membaca.


Full Text:

PDF

References


Dalman. (2014). Membaca Keterampilan. Jakarta: PT Raja Grafindo Pesada.

Fatmasari, R.K., & Fitriyah, H. (2018). Membaca Keterampilan. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Hapsari, A.P. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(17), 1.631-1.638.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: deepublish.

Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Pikirkan Yogyakarta.

Saleh, Heryandi, T. (2020). Peran Kepala sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman. 4(2), 95–105.

Solahudin, et al. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1404-1409.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ