Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I di MI Muhammadiyah Butuh 02

Esti Elizya M, Azmi Al bahij, Iswan Iswan, Lailatul Mufidah, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas I di MI Muhammadiyah Butuh 02. Penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Guru kelas 1 di Mi Muhammadiyah Butuh 02 sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi terkait hal-hal pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk memotivasi siswa, guru memiliki beberapa cara seperti menyampaikan materi agar mudah dipahami, mengelola kelas, memahami karakter siswa dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Akan tetapi guru masih kurang meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga banyak para peserta didik yang kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran. Guru di kelas 1 di MI Muhammadiyah Butuh 02 telah meningkatkan motivasi siswa dengan tidak hanya mentransfer ilmu saja, akan tetapi juga dengan inovasi setiap mata pelajaran.

Full Text:

PDF

References


Bell, J. S. (2002). Narrative inquiry: More than just telling stories. TESOL Quarterly, 36(2), 207–213. https://www.jstor.org/stable/3588331

Barkhuizen, G. P. Ed. (2017). Reflections on language teacher identity research, 1-11. Routledge.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru Dan Anak Didik Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 2221-228.

Jannah, Miftahul, Junaidi Junaidi. (2020). “Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 1(3), 191–98.

Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Wasty Soemanto. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 205.

Yasin, Ilyas. (2022). “Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66.

doi: 10.54371/ainj.v3i1.118


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ