Pengembangan Media Pembelajaran Power Point 3D pada Materi Siklus Air Kelas 4 SDN 9 Menteng

Alltarsyah Samsa, Fathul Jannah, Haris Munandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media power point 3D yang sesuai, efektif, dan efisien pada materi siklus air sebagai solusi terhadap penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal yang mempengaruhi pemahaman peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase validasi tinggi dari ahli media (95% "sangat layak"), ahli materi (68% "layak"), dan ahli bahasa (100% "sangat layak"). Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan peningkatan signifikan (p = 0,000 ≤ 0,05) antara nilai pre-test dan post-test, hal tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan penggunaan media power point 3D. Hasil angket respon peserta didik terhadap media power point 3D juga positif (88% "sangat layak") sehingga media power point 3D dapat dikatakan efisien dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran power point 3D efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi siklus air.


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Dewi, R. K. (2020). Pemanfaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37.

Hanifah, U. Salsabila. , dkk. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 03(01).

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46–50.

Istiqomah, F. (2024). Peran Mata Kuliah Pembelajaran PAI Berbasis TIK di Kampus IAIN Ponorogo dalam Menyiapkan Profesionalisme Guru PAI. Retrieved July 4, 2024, from http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28577

Kusumawati, N. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Solo: CV. AE MEDIA GRAFIKA

Mauladani, Y. H. (2021). Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif. Journal Open Society Foundations, 1–7. Retrieved October 30, 2023, from https://osf.io/u54tb/

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209.

Tampubolon, D. P., Thesalonika, N., & Rustini, T. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 1(1), 9–20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ