Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 19 Tangerang Selatan

Aulia Aulia, Intan Nurayu, Rafa Dilla Nurofiana, Mutia Aprianti

Abstract


Pendidikan memiliki peranan krusial dalam perkembangan individu dan masyarakat. Kurikulum yang bermutu, seperti Kurikulum Merdeka yang diperkenalkan oleh Nadiem Makarim, bertujuan untuk meningkatkan kebebasan belajar, mendorong siswa menjadi lebih kritis, kreatif, kolaboratif, dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 19 Tangerang Selatan. Pembelajaran berdiferensiasi adalah strategi pengajaran yang menyesuaikan metode dan konten berdasarkan kebutuhan dan gaya belajar siswa, termasuk minat dan kesiapan belajar mereka. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan sejak zaman Ki Hajar Dewantara, namun belum dikuatkan sebelum kurikulum baru. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan tes diagnostik untuk memahami gaya belajar siswa, membagi konten menjadi tiga jenis: visual, auditori, dan kinestetik. Dalam praktiknya, guru memulai pembelajaran dengan pertanyaan pemantik untuk merangsang diskusi dan pemahaman. Siswa diajak berinteraksi melalui berbagai bentuk media, seperti modul ajar dan presentasi PowerPoint. Metode ini membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan memungkinkan mereka untuk menunjukkan pemahaman melalui produk akhir yang beragam, sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi dapat memfasilitasi perkembangan karakter dan potensi siswa secara optimal, sejalan dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Full Text:

PDF

References


Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Faiz, Aiman., Pratama, Anis., Kurniawaty, Imas. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 2846 -2853 Research & Learning in Elementary Educatio

Farid, Ilham, et al. "Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 11177-11182.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Khaerunnisa, K., Muliastuti, L., & Rafli, Z. (2022). Pendidikan Karakter alam Pembelajaran Bipa. Prosiding Samasta. 2(2), (549-554).

Mardhiyati, N., Maghfiroh, & Rima, A. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Elementary Education

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13–28.

Suwartiningsih, Suwartiningsih. "Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1.2 (2021): 80-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ