Analisis Implementasi Program Sekolah Penggerak di Kota Ambon dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Merdeka Belajar

Muhamad Hayun

Abstract


Program sekolah penggerak merupakan program untuk meningkatkan kualitas dan mutu lulusan serta tercapainya profile pelajar Pancasila melalui program merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memotret pelaksanaan program sekolah penggerak di Kota Ambon di tahun 2021sesuai dengan petunjuk dan pedoman kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatatif deskriptif yaitu menggali informasi langsung ke lokasi melalui survey dan FGD, serta menggunakan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) pelaksanaan program sekolah penggerak di kota ambon sudah sesuai dengan petunjuk dan pedoman kemendikbud RI, 2) Projek penguatan profile pelajar Pancasila pada masing-masing satuan Pendidikan memiliki ciri khas dan sesuai dengan kearifan lokal. 3), Dukungan pemerintah daerah belum maksimal dalam hal anggaran program SP. Karenanya perlu koordinasi yang baik antara pelatih Ahli, Penilik, Kepala Sekolah dalam melakukan supervisi dan evaluasi pelaksanaan PSP.


Full Text:

PDF

References


Imam Fitri Rahmad, 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewargaan negaraan, Vol. 6 No.1 Maret 2019.

Panduan Sekolah Penggerak, Permendikbud No. 162 Tahun 2021 Tentang Program Sekolah Penggerak. https://www.ainamulyana.com/2021/07/keputusan-mendikbud-ristek-nomor.html.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Ristek Dikti, No. 371/M/Tahun 2021 Tentang Program Sekolah Penggerak.

Nofri Hendri, Merdeka Belajar; teori dan Praktik. Jurnal E-Tech, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2020. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-techr.

Fahran Firdaus, Merdeka Belajar; Sekolah Penggerak. Prosiding Nasional

Konferensi Pers Mendikbud Ristek Dikti tentang Program Sekolah Penggerak. Jakarta, Tempo 11 Februari 2022. https://nasional.tempo.co/read/1560429/apa-itu-merdeka-belajar-tersebab-survei-jebloknya-matematika-dan-literasi-siswa/full&view=ok.

Iis Nurasiah, dkk. Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, volume 6 nomor 3 tahun 2022. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Irsyad Zamani, dkk. 2020. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta : Kemendikbud.

Kurikulum Opersional Satuan Pendidikan SDN 64 Kota Ambon Tahun Pelajaran 2021/2022. (Tidak diterbitkan)

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SLB Batu Merah Kota Ambon Tahun ajaran 2021/2022.

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMA Kristern YPKM Kota Ambon Tahun ajaran 2021/2022.

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMPN 4 Kota Ambon tahun ajaran 2021/2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ