Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Control Untuk Mereduksi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa

Nayla Astrifah, Hijrah Eko Putro, Dewi Lianasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan Teknik Self Control untuk mereduksi kecanduan media sosial pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 8 Kota Magelang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Pre-test and Post-test One Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kecanduan media sosial yang dialami siswa. Subjek penelitian ini adalah 7 siswa yang memiliki hasil skor tertinggi pada angket kecanduan media sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Paired Tample T-test. Hasil menunjukan ada penurunan tingkat kecanduan media sosial yang dialami siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan Teknik Self Control. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa signifikansi yang diperoleh sebesar 0.041, yang mana lebih kecil dari 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara identitas diri siswa sebelum dan sesudah diterapkannya layanan konseling kelompok dengan Teknik Self Control.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ