Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Alat Perangkap Lalat untuk Memfasilitasi Pengalaman Belajar STEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) alat perangkap lalat untuk memfasilitasi pengalaman belajar STEM bagi mahasiswa calon guru yang layak ditinjau dari kevalidan produk dan keefektifan. Jenis penelitain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang melipti 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengontrak mata kuliah STEM di program studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon mahasiswa, dan lembar observasi kreativitas mahasiswa. Data hasil penelitian diperoleh dari saran validator ahli dosen, dan mahasiwa dan kelayakan produk. Efektifitas produk yang dikembangkan dilihat berdasarkan hasil lembar observasi kreativitas mahasiswa. Pengujian efektifitas menggunakan uji one sample t-test terhadap data kreativitas mahasiswa. Hasil pengembangan LKM alat perangkap lalat untuk memfasilitasi pengalaman belajar STEM dinyatakan layak untuk digunakan dan berdasarkan hasil uji efektifitas LKM yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kreatifitas mahasiswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.