Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas 2.4 SD Lab School FIP UMJ
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Tematik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2.4 SD Lab School FIP UMJ masih belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan keterampilan menulis dalam menentukan huruf kapital dan tanda baca pada teks narasi dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Kurangnya motivasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran aktif. Diharapkan model Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui objek nyata yang ada di hadapan siswa. Penelitian yang saya gunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah instrumen tes dan non tes, tes dilakukan dalam bentuk tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa dan non tes dilakukan melalui kegiatan observasi kepada siswa dan guru. Berdasarkan pelaksanaan penelitian sebelum menggunakan metode kontekstual pada media teks narasi menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 26%. Pada siklus I ketika sudah menerapkan metode kontekstual pada teks narasi mengalami kenaikan sehingga presentase ketuntasan peserta didik menjadi 49%. Dilanjutkan pada siklus II dengan metode dan media yang sama, presentase ketuntasan peserta didikmenjadi 84,3%. Maka, penerapan metode kontekstual pada media teks narasi dapat dikatakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada siswa kelas 2.4 SD Lab School FIP UMJ.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.