Permainan Bola Kecil dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa SD Labschool FIP UMJ

Fa’iq Agrijanto, Fitria Rosmi

Abstract


Permainan Bola Kecil dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa SD Labschool FIP UMJ. Untuk mengintegrasikan permainan bola kecil dalam program kebugaran jasmani. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar dan penilaian aspek pengetahuan siswa yang diukur melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat digunakan dalam pembelajaran PJOK dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berikut adalah hasil penelitian tindakan kelas ini: 1) Pada dimensi sikap, seluruh siswa memperoleh nilai 'baik' pada siklus 1, dan nilai 'sangat baik' pada siklus 2 dengan 3 siswa memperoleh nilai 'baik' dan 27 siswa memperoleh nilai 'sangat baik'. 2) Pada aspek pengetahuan, tingkat ketuntasan mencapai 70% pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 75,6, sedangkan pada siklus 2 tingkat ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata nilai 81,17. 3) Pada aspek kompetensi, siklus 1 menunjukkan tingkat ketuntasan sebesar 73,33% dengan rata-rata nilai 77,01, sedangkan siklus 2 mencapai tingkat ketuntasan 100% dengan rata-rata nilai 81,68

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ