Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Halang Rintang pada Siswa SD Labschool FIP UMJ
Authors
Muhammad Salman Al Farid
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fitria Rosmi
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstract
Kemampuan motorik kasar merupakan salah kemampuan yang dikembangkan pada pendidikan anak usia dini. Perkembangan motorik kasar memiliki tingkat penting yang setara dengan perkembangan aspek lainnya, oleh karena itu, pendidik perlu memiliki kemampuan untuk membantu mengembangkan dan melatih keterampilan motorik anak di lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui penggunaan permainan halang rintang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class action research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap bulan januari tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Test (evaluasi) dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui permainan haling rintang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik Di SD Lab School FIP UMJ