Berusaha untuk Meningkatkan Kemampuan Kegiatan Senam Irama Siswa SMK Muhammadiyah Ponjong Kelas X

Aditia Hega Ramadan, Mahbubul Wathoni

Abstract


Perkembangan motorik kasar merupakan aspek perilaku motorik dan kontrol motorik yang berhubungan dengan perubahan kinerja motorik sepanjang umur. Pengembangan motorik kasar anak bertujuan untuk mengenalkan dan melatih motorik kasar, meningkatkan kemampuan mengatur, mengendalikan gerak dan koordinasi tubuh, serta meningkatkan keterampilan fisik dan pola hidup sehat. Keterampilan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui latihan ritmis. Penelitian ini mengadopsi pendekatan interpretatif. Alat yang digunakan adalah wawancara, observasi dan pencatatan. Hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran di SMK Muhammadiyah Ponjong telah terencana dan berjalan dengan baik dari segi fasilitas, visi dan misi, kurikulum, perangkat pembelajaran, peran kepala sekolah dan guru. Semua pihak mendukung program tersebut dan bersinergi demi kemajuan SMK Muhammadiyah Ponjong. Dalam kegiatan senam ritmik ini guru menggunakan metode demonstrasi dan latihan.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerakan Senam Irama. Skripsi. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Aswin Hadis, Fawzia. (2003). Perkembangan Anak dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Buletin PADU, 2(1) ISSN 1693-1947.

Mahendra, A. (2000). Senam. Jakarta: Depdikbud.

Nurul, Fitri Insani. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Senam Irama Anak 4-5 Tahun ( Penelitian Kaulitatif, PTK Pada Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kopripan Ponco Sari Serandakan Bantul ). Sekripsi Pada Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar FKIP Universitas Negri Yogyakarta.

Restianti, Hesti. (2010). Panduan Praktik P3K. Bogor: Quadra.

Sholihah, Wardatus dan Eky Prasetya Pertiwi. (2020). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama pada Kelompok B di TK AL-Hidayah 85 Ambulu Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(1), 1-2.

Sujiono Bambang, dkk. (2019). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Sutisna, et al. (2004). Pendidikan Jasmani Media Berolahraga dan Berprestasi. Jakarta: Yudistira.

Utomo, S. (2008). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2016). “Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi”. Jakarta

Basri, Hasan. (2018). “Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Senam Ritmik Melalui Senam Kebugaran Jasmani 2012 dengan Media Audio Visual”. Jurnal Universitas Islam Bekasi Vol 9 No 1

Daryanto. (2016). “Media Pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran”. Yogyakarta: Gaya Media

Hartono, Rudi. (2013). “Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid”. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ