Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Kelas X IPA SMA Muhammadiyah Ponjong

Rifki Adi Nopandri, Mahbubul Wathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar siswa yang kesulitan untuk memecahkan permasalahan teknik dasar Passing dalam pembelajaran bola voli pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Ponjong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data digunakan yaitu observasi, dan tes passing bola voli. Hasil dari penelitian ini adalah siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 70% atau 7 siswa tuntas belajar sedangkan sebanyak.30% atau 3 siswa belum tuntas belajar. Hasil dari siklus II didapatkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 90% atau 9 siswa tuntas belajar sedangkan sebanyak 10 % atau 1 siswa belum tuntas belajar. Hal ini terjadi peningkatan sebanyak 20% siswa yang memenuhi kriteria tuntas dalam belajar. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan Model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Ponjong

Full Text:

PDF

References


Ilham, Ilham; Oktadinata, Alek; Idham, Idham. Analisis Keterampilan Passing Bawah Dan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 2019, 8.1: 56-67.

Parwata, I. Made Yoga. Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2021, 2.1: 1-9.

Hamzah, Beni; Hadiana, Oman. Pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan passing dalam permainan futsal. JUARA: Jurnal Olahraga, 2018, 3.1: 1-7.

Yane, Stephani, et al. Peningkatan servis panjang bulutangkis melalui model problem based learning. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 2016, 5.2: 165-174.

Jojo, Ignasius; Simanjuntak, Victor G.; Hidasari, Fitriana Puspa. Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar lompat jauh siswa SMPK Immanuel 2. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2019, 8.3.

Dewi, Rahmayanti; Gustiawati, Resti; Afrinaldi, Rolly. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 2020, 1.2: 85-92.

Muslim, Erik Aditia. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Olahraga (Permainan Bola Voli) di SMAN 2 Subang. 2022. PhD Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rohmansyah, Nur Azis. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmani pada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Jurnal Penjakora, 2017, 4.2: 28-35.

Priyadi, Budi. Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli. Physical Activity Journal (PAJU), 2021, 3.1: 41-54.

Pragtama, Cahya Tri; Rithaudin, Ahmad. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 Model Problem Based Learning SMP Kelas VII. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2018, 7.10.

Winarno, Agus Tomi, Imam Sugiono Dona Shandy. Teknik Dasar Bermain Bola Voli. Malang : s.n., 2013.

Hamzah, Beni; Hadiana, Oman. Pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan passing dalam permainan futsal. JUARA: Jurnal Olahraga, 2018, 3.1: 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ