Upaya Mengembangkan Keterampilan Siswa MA Muhammadiyah Kadudampit dalam Berbicara Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas

Ahmad Fauzi Nasution, Hastri Rosiyanti, Bachtiar Bachtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode bermain  peran dan konsep diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data dilakukan melalui observasi pribadi. Penelitian ini menggambarkan pengalaman dan strategi yang digunakan oleh peneliti dalam menghadapi tantangan mengembangkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa inggris dengan menggunakan metode bermain peran pada di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan model pembelajaran bermain peran, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran bermain peran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas Melalui eksplorasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa langkah model pembelajaran bermain peran yang harus ditempuh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, penerapan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan Bahasa inggris, dan siswa memberikan respons positif terkait penerapan model pembelajaran bermain peran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ